Setelah sebelumnya saya menoreh tentang saran cara menulis sinopsis yang baik, kesempatan ini giliran saran tentang cara menulis bio data yang ikut dan dikirimkan bersama naskah di penerbit. Bukan dapat dipungkiri pula jika masih besar yang menghasilkan bio datanya sendiri secara seadanya, cuma sebagai pelengkap persyaratan pengiriman naskah. Sedangkan banyak ketetapan mengenai diterbitkannya suatu naskah dipengaruhi oleh bio data penulisnya. Nah, tulisan berikut akan mempercakapkan bagaimana membuat bio petunjuk penulis menggunakan baik dan benar

Sebenarnya untuk menyarikan bio laporan tidak ada yang sulit, plus materinya jelas-jelas sudah terdapat karena yaitu kehidupan Engkau sendiri. Tapi kesalahan terbesar hampir segala orang didefinisikan sebagai menuliskannya dengan cara tentu seperti saat ia mengambil pekerjaan sahaja. Banyak orang yang hanya cuma mengkopi dari resumenya. Harus diingat lalu bio laporan ini dikenakan untuk memudahkan langkah Kau menjadi pereka. Maka pasti lah isinya kendati harus bertugas dengan unsur tersebut.

Tanpa banyak bicara jauh lebar pun, berikut ini didefinisikan sebagai tips biasa untuk merekatkan bio laporan Anda:

Tangkas. Ini merupakan salah satu segi terpenting di saat menyelipkan bio petunjuk. Sekali Kamu tidak tangkas dan tepergok maka sangat mungkin Anda bakal dimasukkan di daftar hitam penerbit. Tanpa pula membesar-besarkan fakta yang ada.

Tuliskan apa yang relevan dengan karir Dikau sebagai penulis atau relevan dengan kapasitas buku yang Anda tulis. Contohnya Anda menyarikan topik tentang bonsai, Dikau dapat menjerembapkan jabatan Kau di federasi bonsai, keahlian Anda mengamati bidang bonsai atau kemahiran Anda menjalankan kejuaraan bonsai. Tapi kalau Anda merangkaikan pendidikan alias karir Engkau di bidang teknik, tentu hal tersebut malah menciptakan editornya geleng-geleng kepala & tidak percaya pada apa yang Nama Pemain Film Anda tulis.

Format penulisan biasanya tdk mengikat. Sasaran dibuat menggunakan sistem tabel, narasi atau apa pula biasanya penerbit tidak memersoalkan, yang berarti jelas serta menggunakan tata susila yang sederhana dan gampang dipahami.

Tidak terlalu tidak sedikit menuliskan keterangan sampai berlembar-lembar. Cukup tunggal atau paling-paling dua tali.

Berkaitan pada poin no 2, sejumlah hal mengenai apa yang perlu dicantumkan dan yang tak dicantumkan dalam bio kabar dapat dilihat di pangkal ini:

Data pribadi. Kabar ini tetap harus dicantumkan, yaitu sebutan, alamat serta kontak. Sediakan sebanyak kiranya kontak dengan demikian memudahkan penyebar untuk mengebel Anda. Jikalau Anda mempunyai website, blog, email sodorkan dicantumkan.

No rekening. Cantumkan hanya asalkan penerbit mensyaratkannya.

Latar belakang pendidikan, dan kemahiran kerja. Cantumkan secara uraian hanya jikalau relevan menggunakan isi buku Anda. Apabila tidak relevan tetapi senantiasa ingin menancapkan, tuliskan semuanya sekilas aja.



Pengalaman berorganisasi. Walaupun tidak relevan pada isi buku, kadangkala jika Anda mengarungi banyak sahabat dan tergabung suatu penduduk tertentu (apalagi bila Engkau menjadi pimpinan aktif dalam dalamnya) pun bisa memerankan nilai terus bagi bio data Kau. Kalau tentu dengan topik buku semakin baik juga.

Pengalaman menurun. Jika Kamu sudah pernah menulis buku, atau menulis artikel tatkala majalah cantumkan hal itu dan judul-judulnya. Ini mau menjadi perhitungan tambah kira Anda, apalagi kalau buku sebelumnya tercakup buku laku.

Penghargaan yang pernah sampai. Jika Kau pernah jadi penghargaan tatkala bidang yang member tulis sejajar buku alias memenangkan kejuaraan penulisan cantumkan hal mereka.

Foto. Tdk menjadi tugas. Jika Engkau merasa pede dan serius foto Engkau tidak menghasilkan enek penerbitnya silakan dilampirkan.

Fotokopi ijazah, sertifikat serta piagam. Bukan perlu dilampirkan karena semuanya akan menghilangkan uang turunan Anda.